Komunitas Rintara Jaya Ajak Pemuda Ikut Membangun Kemaritiman

MALANG — Seperti telah diketahui, Indonesia memiliki ribuan pulau-pulau kecil yang tersebar. Namun sayangnya masih banyak yang belum tersentuh oleh pemerintah.

“Oleh karena itu, pemuda-pemuda terbaik inilah yang kemudian diterjunkan untuk memberikan pengabdian dan menyentuh mereka dengan segala potensi yang dimiliki oleh para pemuda,” jelas Koordinator komunitas Rintara Jawa Timur, Fajrin, dalam acara silaturahmi Ekspedisi Nusantara Jaya, Sabtu (25/11/2017).

Fajrin menjelaskan, komunitas Rintara sendiri dibentuk oleh Kemenko Maritim dari programnya yaitu Ekspedisi Nusantara Jaya yang awalnya dicanangkan oleh Rizal Ramli yang kemudian diteruskan oleh Luhut Panjahitan.

Koordinator Rintara Jaya JawaTimur berikan smbutan/Foto Agus Nurchaliq

Ekspedisi nusanta jaya pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015 yang melibatkan seluruh pemuda di Indonesia untuk di terjunkan ke pulau-pulau terkecil di Indonesia yang bahkan sampai saat ini belum tersentuh tangan pemerintah karena aksesnya yang masih sulit.

Fajrin menyampaikan, di Jawa Timur pada tahun 2017 ada sekitar 200 pemuda yang terjunkan di pulau terpencil seperti di pulau Masalembo, Bawean, Kangean dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here