Rintara Jaya Adakan Kelas Inspirasi di Masalembu

Rintara Jaya (Perintis Maritim Nusantara Jaya) Jawa Timur melaksanakan kegiatan Kelas Inspirasi di Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura dengan tema besar “Rumah Baca untuk Masalembu”. Kegiatan yang terdiri dari pendirian rumah baca, kesenian, kesehatan, lingkungan dan edukasi ini dilaksanakan pada Kamis-Senin (29/3/2017– 3/4/2017).

Fajriyan (Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya) selaku Ketua Pelaksana dari program ini menuturkan bahwa kegiatan ini adalah program lanjutan dari ENJ di tahun sebelumnya. ENJ sendiri singkatan dari Ekpedisi Nusantara Jaya yang merupakan program tahunan dari Kementerian Koordinator Kemaritiman sejak tahun 2015 silam. Program ini menantang para pemuda untuk dapat menyelesaikan dan membantu permasalahan masyarakat di pulau-pulau terluar dan terpencil Indonesia, dan untuk tahun ini Masalembu dipilih sebagai pulau tempat kegiatan ini dilaksanakan.

Dalam bidang edukasi, beberapa pemuda ini mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Masalembu untuk memberikan kelas inspirasi dan motivasi. Tim Rintara Jaya ini membidik tiga jenjang sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMA atau sederajat. Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Pantai Harapan dipilih sebagai lokasi sasaran untuk jenjang SD atau sederajat. Total  tujuh pemuda yang diterjunkan ke lembaga pendidikan yang terletak di daerah pesisir ini membagi diri menjadi tiga kelompok. Masing-masing masuk ke kelas 3, 4, dan 5.

Fildza Amalya (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya) dan Virga Dwi Efendi (Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga) mendapatkan kesempatan untuk masuk ke kelas 4 memberikan kelas inspirasi dan semangat kepada adik-adik untuk mengejar cita-cita. Pada kesempatan itu pula, adik-adik kelas 4 yang jumlahnya 15 orang ini diajak untuk membuat pohon cita-cita dimana di pohon itu mereka dapat menuliskan cita-citanya.

Samsul Rizal selaku Kepala Sekolah Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Pantai Harapan menyambut positif kegiatan ini. Beliau menyatakan bahwa perlu adanya transfer of knowledge dan berbagi pengalaman seperti ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here