Peduli Kesehatan, Pendidikan, dan Lingkungan Rintara Jaya Sulsel ke Pulau Sabutung

Peduli Kesehatan, Pendidikan dan Lingkungan Rintara Jaya Sulawesi Selatan Ke Pulau Sabutung Kabupaten Pangkep 30 November – 2 Desember 2018.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai mahasiwa dan alumni dari Universitas Hasanuddin, UIN Aluddin makassar, Politeknik Ati Makassar, dan Universitas Bosowa.

Widiyanto selaku ketua panitia berkata bahwa tujuan kegiatan ini untuk mejalin kebersamaan dengan para alumni Rintara Jaya sulsel untuk menumbuhkan kembali semangat pengabdian kepada masyarakat pesisir.

“Pengabdian yang kami lakukan meliputi tiga program yaitu peduli kesehatan, pendidikan dan lingkungan,” ungkap Widiyanto.

Siti Hardianti berujar untuk peduli pendidikan kami mengajarkan
pendidikan anti korupsi, belajar bahasa Inggris, sosialisasi tentang kenakalan remaja dan kelas inspirasi.

“Untuk kesehatan kami membuat program PHBS anak sekolah dengan sosialisasi tentang cara cuci tangan dan sikat gigi yang benar, dan PHBS Rumah Tangga khususnya terkait pentingnya penggunaan jamban demi mencagah penyakit,” lanjut Siti Hardianti selaku koordinator acara.

“Selain itu kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan dengan melibatkan dua org dokter dari tim bantuan media Calcaneus Universitas Hasanuddin,” kata Siti Hardianti.

Anti juga menambahkan untuk peduli lingkungan kami membuat program sosialisasi tentang cara memilah sampah dan dampak buruknya terhadap lingkungan, sosialisasi tentang bank sampah kepada masyarakat, Coastal Cleaning bersama anak sekolah di sekitar pantai pulau Sabutung.

Ryan Kurniawan selaku relawan Rintara Jaya Sulsel menyampaikan bahwa menjadi seorang relawan di beberapa kegiatan sosial seperti Ekspedisi Selat Makassar ini adalah candu bagi saya. Dapat bermanfaat dan membantu bagi orang lain yang berada di pulau yang ada di Sulawesi Selatan.

“Harapan kedepannya semoga kegiatan seperti ini tetap berjalan setiap tahunnya dan sekaligus menjalin silahtuhrahmi antara alumni Rintara Jaya Sulawesi Selatan,” ungkap Ryan.

Awal selaku warga pulau Sabutung sangat berterima Kasih karena Rintara Jaya Sulawesi Selatan memilih pulau Sabutung Kabupaten Pangkep sebagai lokasi pengabdian padahal masih banyak pulau-pulau yang ada di sekitaran Kabupaten Pangkep.

Kegiatan ini di tutup dengan outbond dan foto bersama para relawan dan anak-anak di sekitar pulau.

Kontributor : Suhandi
Melaporkan dari Pulau Sabutung Kabupaten Pangkep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here