Train of Joy : Terapi Korban Bencana berbasis Edukasi di Area Pengungsian Sukajaya, Bogor

Fornas Rintara Jaya turut berkontribusi dalam kegiatan Train of Joy (ToJ) yang diadakan oleh Indonesia Indah Foundation. Kegiatan ToJ dilaksanakan di area pengungsian desa Nyomplong, kelurahan Kiarapandak, kecamatan Sukajaya, kabupaten Bogor pada tanggal 22 Februari 2020. Kegiatan yang bertajuk terapi untuk korban bencana alam, edukasi sekaligus peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini turut didukung oleh Man Forum, Wardah Inspiring Movement, Yayasan Kopernik, Risco Energy dan ACG School Jakarta.

Ragam kegiatan menarik yang dilakukan diantaranya senam ceria, menggambar, menulis, clean up, pelatihan ecobrick dan ecobag, pelatihan hidroponik serta filter air minum. Kesempatan emas tersebut dimanfaatkan Fornas Rintara Jaya untuk terlibat langsung memberikan edukasi dan sebagai fasilitator kegiatan. Empat orang perwakilan Fornas Rintara Jaya diantaranya Yunita yang menjadi fasilitator kegiatan anak-anak TK hingga SD dalam kegiatan senam ceria dan menggambar bebas. Kegiatan surat dari sahabat yang diikuti siswa-siswi SMP-SMA untuk mengungkapkan perasaan lewat tulisan merupakan salah satu metode terapi trauma lewat tulisan yang difasilitatori oleh Vita. Antusiasme dari masyarakat juga terlihat dari lomba pungut sampah serta edukasi pemanfaatan sampah diantaranya pelatihan ecobrick dan ecobag yang difasilitatori oleh Isra dan Euis.

Acara yang turut dihadiri pihak Kecamatan Sukajaya dan tim Tanggap Bencana tersebut mendapatkan respon dan kesan yang positif dari masyarakat yang berada di area pengungsian. Harapannya, selain dapat menjadi wahana untuk mengurangi trauma akibat bencana longsor, hasil kegiatan ToJ juga menjadi bekal ketrampilan masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sampah serta bertanam dengan metode hidroponik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here